Manfaat Jagung yang tidak kamu ketahui

 

Tinggi gula, tapi aman untuk gula darah
Si kuning manis ini memang sebagai sumber karbohidrat namun tidak seperti kandungan karbohidrat di dalam nasi atau roti. karbohidrat dalam buah ini memberikan suplai energi yang stabil dan tahan lama. Selain itu, buah ini juga mengandung serat dan protein. Kombinasi ketiga nutrisi ini dicerna lambat oleh tubuh, dan sekaligus bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah karena serat memperlambat kecepatan tubuh memecah karbohidrat (glukosa) untuk dilepaskan ke dalam aliran darah.

Menjaga kesehatan mata 

Jagung merupakan sumber pangan yang kaya akan antioksidan dibanding banyak biji-bijian sereal lainnya, seperti lutein, zeaxanthin, asam ferulat, dan beta-karoten. Karotenoid (lutein, beta-karoten, dan zeaxanthin) mampu menunjang sistem imun tubuh dan telah terbukti berperan penting dalam kesehatan mata. Tingginya kadar dua karotenoid ini dalam darah sangat terkait dengan penurunan risiko dari degenerasi makular dan katarak.

Melindungi dari risiko penyakit jantung

Si Buah kuning Jagung ini memiliki senyawa fitokimia fenolik yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan mengendalikan tekanan darah tinggi.

Menurunkan risiko kanker usus

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa buah ini dapat mendukung pertumbuhan bakteri ramah di usus besar dan juga bisa diubah oleh bakteri ini agar menjadi asam lemak rantai pendek, atau SCFA.

SCFA dapat membantu menurunkan risiko Anda terhadap banyak gangguan pencernaan, termasuk risiko kanker usus. Manfaat jagung untuk sistem pencernaan juga mungkin datang dari sifat alaminya yang bebas gluten.

 

Sumber: https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-jagung-untuk-kesehatan/